Ultra Master Ranger: Manakah yang Worthy?

Salah satu fitur paling penting di update LR 31 Mei lalu adalah perkenalan Ultimate Evolved (UE) ranger. UE ranger bisa menjadi UM (Ultra Master) ranger setelah ‘dikenteng’ 20 kali (+20). Banyak pertanyaan, manakah yang worthy untuk dibuat? Karena membuat UM ranger sangat sangat susah.. (upan hanya bisa didapatkan lewat secret lab), maka harus dipikirkan dengan hati-hati (kecuali kamu khilafer tingkat Sultan.. borong semuanya gan!). Yuk kita bahas manakah yang worthy untuk dibuat!

Ada total 13 rangers yang bisa dievolve menjadi UE ranger, selanjutnya jika ‘dikenteng’ 20 kali bisa menjadi UM ranger yang ‘wow’ dan ‘menggiurkan’. Untuk UE ranger, tentu saja tidak perlu diperdebatkan lagi kalau kita HARUS meng-evolve SM ranger kita menjadi UE ranger (cooldown sama saja dengan status lebih sakti dengan kenaikan mineral yang minimalis! mikir apalagi coba?). Pertanyaan utama yang ingin dibahas kali ini yaitu “Manakah ranger yang worthy untuk dibuat UM-nya?”.

Tentu saja semua terlihat ‘menggoda’ dengan status yang tinggi. Namun perlu diingat bahwa waktu kita ‘ngenteng’ ranger itu, bonus ‘ngenteng’ UE ranger hanyalah kira-kira +3.4% tiap kali ‘ngenteng’ (sebenarnya angkanya bervariasi dari 2%-3,4%). Cek tabel ini:

IMG_7231

(Author’s note: Credit untuk K’s @LR English Room)

Jadi, jika cuma ingin meningkatkan status saja, tentu bukanlah keputusan yang bijaksana untuk membuat UM ranger. Di sini, ysaya ingin tekankan bahwa untuk membuat UM-nya, kita harus menggunakan Upan (karena ini leonard tingkat dewa yang banyak dicari sekarang..penggantinya supan..yang sudah turun pangkat).

Menurut saya, ada tiga syarat utama untuk membuat UM ranger yang worthy yaitu:

  1. Memiliki skill level-multiplier
    • Contoh: Creator cony dengan durasi skill berbasis level. Jadi kalau ranger kita level 140, durasi skill sebesar 14 detik, dan jika menjadi UM yaitu level 240, maka durasinya menjadi 24 detik!). Mungkin saja di masa depan, skill semua UE rangers akan seperti ini (terutama yang limited gan!!). Contoh: attack bonus % = 200% * level ranger. Jadi, jika masih lv 140, naeknya ‘cuma’ 280%, tapi kalau level 240, naeknya jadi 480%. Bayangin gan!! (siap-siap makan nasi kecap deh para khilafer..hehe).
  2. Tidak ada di secret lab gacha atau special stage
    • Kalau sudah ada di secret lab gacha / special stage, cepat atau lambat juga bakal naek levelnya kan?
  3. Skill dan status yang dapat tahan lama di jangka panjang.
    • Skill dan status yang tahan lama ini mungkin menjadi sangat subyektif.  Ranger buffer biasanya bertahan lama. Dan dari pengalaman bermain LR, ranger yang nyerangnya lemotttt banget (alias very slow – very slow) cenderung lebih mudah tergantikan. Skill non-buffer juga mudah tergantikan pula.

Jadi, dari kriteria tersebut, manakah ranger UE baru yang worthy untuk dibuat UM? Cek tabel ini kalau kamu penasaran.

ranger2

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Walaupun saat ini Creator Cony mendapatkan prioritas utama, bukan berarti dia sangatlah bagus untuk raid / pvp. Skill dari Creator Cony TIDAKLAH BERGUNA UNTUK GUARDIAN (ya.. agak lucu memang kalau guardian yang segede gaban itu tiba-tiba jadi lolipop..hehe). Tapi kelebihannya yaitu lolipop tersebut DAPAT DISTUN lagi oleh ranger lain. Kalau sebelumnya setelah kita stun musuh, maka stun / debuff lain tidak bisa terpengaruh pada musuh, nah.. kalau skillnya Creator Cony ini bisa multiple debuff di musuh. Cukup berguna untuk pvp. Mungkin saja LR akan memberikan kita ranger yang lebih ‘sadis’ di bulan depan atau bulan depannya lagi…dan tentunya limited..
  • Untuk Ace Soldier Moon dan Mong, dapat dibuat berdasarkan preferensi. Mong sangat sangat berguna di Arena dan PVP, sedangkan Ace Soldier Moon lebih berguna di raid.
  • Untuk Ron, kamu bisa melakukan farming Ron di special stage (Wizard Maze Cube 3, Immortal Skull Stone 3), dan normal stage 19-24..ya tentu kalau kamu sudah tidak perlu lagi farming level, ss rewards dan coin).
  • Untuk ranger lain, take it slow saja.. pelan-pelan juga bisa UM kok kalau ngincer upan waktu di secret board.. ya tapi waktu udah UM..eh rangernya mubazir… haha.

Jadi, rekomendasi akhirnya yaitu sebaiknya tidak usah terlalu terburu-buru untuk UM-in salah satu ranger yang ada saat ini. Mendingan simpan dan kumpulin dulu upannya, lalu kalau udah ada limited ranger yang lebih ‘wow’, baru dipakai. Apa pendapatmu? Adakah tips lain atau pendapat lain? Tulis saja di komen ya.

 

29 tanggapan untuk “Ultra Master Ranger: Manakah yang Worthy?”

  1. Mau nanya gan :
    1.maksudnya bonus “ngenteng” UM itu apa,ya?
    2.Lebih Worthy yang mana antara JusticeBrown dan AceMoon untuk jadi UM?
    terimakasih^_^

    Suka

    1. 1. Ngenteng itu mksdnya dinaekin lvlnya lgi. Kalau untuk SM bisa sampai 4x dinaikkan, sedangkan untuk ranger UE bisa 20x. Kalau sudah 20x bisa mengurangi cooldown setengah waktunya.
      2. Dua dua nya bagus, saran sy dibuat dua dua nya. Justice brown jika kekurangan tanker, acemoon bagus scr keseluruhan. Kalau disuruh pilih salah satu, sy milih acemoon. Tanker bisa memakai sally baru (devilodon sally).

      Suka

  2. Agan saya mau nanya ni, saya mau nge evolved golden goddness cony menjadi creator cony kok nggak bisa ya padahal materialnya udah lengkap ?
    Apakah harus Lv UM baru bisa ngeevolved nya ?
    Mohon saran dari agan
    Terimakasih.

    Suka

  3. Mau nnya ni gan………..
    Yg lbh pnting tu yg mn si???gear/rangers???
    Sya kdng mau draw binggung mn yg lbh pnting
    Trma kasih……..!!!

    Suka

  4. Id saya no tipu udeh lvl.50supermaster id:lebelaha…. rangersnya super hero moon, rachery anita, sibmarine edward, poseidon brown, and conan….. special agent udah mau dapet tinggal di ksih super master dulu…. smoga bisa membanti 🙂

    Suka

Tinggalkan komentar